Rabu, 20 Februari 2008

MEMBUKA JALAN MENUJU PRA DI KOMUNITAS TALANG ULU

PRA atau dalam istilah lain disebut "Rembuk Warga" sudah mulai akan dilaksanakan di komunitas Talang Ulu kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. Sebagai sebuah program yang telah direncanakan sejak awal, maka kegiatan ini bisa menjadi sukses dan memberikan hasil sesuai yang diharapkan, ataupun "patah" ditengah jalan, tidak terlepas dari dukungan komunitas yang menjadi "sasaran". Sejak awal, team CDASC Rejang Lebong dibantu oleh CDASC Pusat sudah menjajaki berbagai hal, yang diperkirakan bisa menjadi "pembuka jalan" bagi keberhasilan program ini.
Sebelum memasuki gerbang PRA yang sesungguhnya, maka team terlebih dahulu melakukan beberapa kegiatan yang diharapkan bisa memberikan nilai tambah dalam menarik minat komunitas Talang Ulu mengikuti program yang ditawarkan, sampai pada akhirnya "terbukalah" jalan menuju PRA .
Beberapa kegiatan yang dilakukan menjelang dilaksanakannya PRA ini adalah :
1. Belajar Sablon
2. Belajar Buat Film
3. Pelatihan Jurnalistik.
Sebagai langkah awal, team CDASC melakukan pertemuan dengan komunitas Talang Ulu, pada hari Senin, tanggal 11 Februari 2008, pukul 15.00 Wib, di rumah ibu Nurjanah, salah seorang fasilitator lokal yang menjadi "team 30" alumni pelatihan CDASC Rejang Lebong. Pertemuan ini dihadiri oleh 11 orang yang terdiri dari PCM Talang Ulu, PCA Talang Ulu, tokoh masyarakat, dan unsur pendidik/guru. Hasil dari pertemuan pada hari itu adalah :
1. Belajar sablon akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari
s.d 01 Maret 2008 (pelaksanaan jam 15.00 Wib s.d 18.30. Wib)
Penanggung Jawab : Bapak Nasrullah
2. Belajar film, dilaksanakan pada tanggal 02 s.d 12 Maret 2008
(pelaksanaan jam 15.00 Wib s.d 18.30 Wib)
Penanggung Jawab : Bapak Sofyan
3. Pelatihan Jurnalistik tanggal 13 Maret s.d 22 Maret 2008
(pelaksanaan jam 15.00 Wib s.d 18.30 Wib)
Penanggung Jawab : Bapak Efendi
Karena jumlah komunitas yang hadir pada hari itu hanya sedikit, belum bisa mewakili seluruh komunitas terutama kelompok muda, diantaranya Karang Taruna, maka disepakati, pertemuan akan diadakan lagi pada tanggal 15 Februari 2008. Pada pertemuan ini diharapkan, seluruh komunitas dapat terlibat dalam kegiatan.(YN)

Tidak ada komentar: